Komposisi: sebuah pengantar kemahiran bahasa
Gorys Keraf
Nusa Indah
Ende, 1994
Call number; 808.025 Ker k
Resensi Buku
Buku yang berjudul Komposisi ini awalnya disusun hanya sebagai media untuk mempermudah mahasiswa menguasai bahasa Indonesia di Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Namun dalam perkembangannya buku ini dijual secara bebas di pasaran agar dapat dikonsumsi oleh banyak pihak untuk memperdalam bahasa Indonesia serta kemampuan tulis menulisnya.
Tidak hanya berbicara mengenai kebahasaan dan dunia tulis menulis saja. Buku ini pun membahas mengenai cara penyampaian komunikasi secara lisan. Mulai dari persiapan sebelum melakukan penyajian lisan di depan umum hingga cara menganalisa situasi pendengar saat penyajian berlangsung.
Bagi mahasiwa jurusan komunikasi dan sastra Indonesia, buku ini sangat membantu dalam proses pembelajaran maupun pengerjaan tugas. Bahasa yang digunakan mudah dicerna. Setiap jengkal kalimat dalam buku ini pun dapat digunakan sebagai contoh penulisan. Sebab buku ini disusun oleh seorang ahli bahasa yang terpercaya. Susunan bab dalam buku ini pun runtut dari hal yang paling dasar hingga yang paling kompleks. Sehingga sebagai mahasiwa baru yang ingin belajar menulis dengan bahasa yang baik, buku ini sangat membantu.
Tidak hanya bagi mahasiwa komunikasi maupun sastra saja. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa di semua jurusan. Karena syarat kelulusan seorang mahasiswa adalah harus dapat berpendapat secara ilmiah. Untuk menguraikan pendapat yang mahasiswa miliki tersebut tentu dibutuhkan kemampuan menulis yang baik. Agar pendapat tersebut dapat dimengerti dengan baik oleh dosen yang menilai selaku pembaca.
Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu pula dengan buku ini. Meskipun isi buku ini sangat bermanfaat dan mengandung muatan yang begitu bagus. Namun sangat disayangkan, masih banyak kekurangan dalam hal percetakan. Mulai dari produksi tanpa editor yang menyebabkan banyak ketidak telitian pada penulisan kata. Akibatnya kenikmatan pembaca meresapi kandungan buku jadi berkurang.
Font yang digunakan terlalu ‘gemuk’ dan agak tidak proporsional dengan spasi yang digunakan. Hurufnya besar-besar, seharusnya membuat mata kita mudah membacanya. Namun terkesan saling berhimpitan karena jaraknya berdekatan. Sehingga mengurangi kenyaman pembaca terutama bagi penyandang hipermitropi (rabun dekat).
Meskipun kenyamanan pembaca sedikit terganggu. Buku ini tetap membawa banyak manfaat bagi pembacanya. Semua tergantung anda, ingin membaca buku dengan cetakan menarik tapi isinya nihil? Atau buku dengan cetakan yang biasa saja namun mengandung harta karun ilmu yang begitu berharga?
perisensi: Kamalia Rizqi
source: http://kamalia-rizqi.blogspot.com/2012/01/resensi-komposisi.html