Sakit Menguatkan Iman: uraian pakar medis dan spiritual
Ali Yafie, dkk
Gema Insani Press
Jakarta, 1996
Cal number: 297.39 Yaf s

Hampir setiap orang pernah sakit. Musibah yang satu ini memang dapat menimpa siapa pun dan dimana pun. Iya tidak memandang perbedaan pangkat dan status sosial, bahkan tanpa mengenal ruang dan waktu. Datangnya pun tiba-tiba.
Kalau yang datang kebetulan sejenis penyakit ringan mungkin tidak begitu berpengaruh terhadap kehidupan kita. Malah sering kita lihat penyakit sebagai peristiwa alamiah yang bisa terjadi pada siapa saja. Tetapi jika yang datang itu penyakit berat atau yang termasuk dalam stadium terminal, terkadang bisa menghilangkan harapan hidup kita. Bahkan tak jarang bisa menurunkan mental dan merontokan iman kita dalam waktu Sekejap.
Sebagai orang beriman Bagaimana sikap kita ketika sedang sakit? Haruskah keimanan kita terus hanya lantaran sakit yang sulit disembuhkan? Dan bagaimana jika sakit itu memang harus berakhir dengan panggilan Allah?
Buku ini mencoba mengurai soal sakit yang dikaitkan dengan keimanan seseorang. Isinya berupa pandangan dari berbagai pakar medis, psikologis dan ulama yang tentunya sangat dibutuhkan oleh orang sakit. Masalah medis yang diurai secara praktis ditambah mutiara mutiara hikmah dan contoh-contoh kasus yang ada di dalamnya, dapat menjadikan buku ini Sebagai panduan berharga buat Anda yang lagi sakit. Pun sangat pas untuk keluarga si sakit, pengunjung, dokter, maupun perawat.
Secara garis besar buku ini terbagi menjadi 4 bagian besar. Bagian pertama mengurai sakit dari perspektif agama. Bagian kedua berisi perpekstif medis. Bagian 3 berisi perspektif psikiatri. Dan bagian keempat berisi tentang perspektif komunikasi sosial.