Pendidikan agama memiliki andil yang sangat signifikan dalam pembentukan watak dan kepribadian manusia Indonesia, termasuk dalam mengarahkan terwujudnya pembangunan nasional yang kita cita-citakan. Manusia Indonesia pada masa yang akan datang harus memiliki keunggulan dalam berbagai bidang keahlian, sehingga mampu mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa yang telah meraih kemajuan baik di Bidang sains teknologi maupun di bidang-bidang keahlian lainnya. Manusia Indonesia hendaknya dibekali juga dengan ketajaman spritual yang akan mengantarkan kehidupan umat manusia dunia menuju kesejahteraan dan kebahagiaan, secara lahir dan batin, baik dalam kehidupan duniawi maupun dalam kehidupan ukhrawi.
Buku Menjadi Cendikiawan Muslim: kuliah Islam di perguruan tinggi, yang kini berada di tangan pembaca, merupakan uraian deskripsi sajian silabus mata kuliah pendidikan agama Islam di perguruan tinggi, sesuai dengan perkembangan yang terkini. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis, mengajar agama Islam di Universitas Indonesia dan berbagai seminar tentang pengembangan pendidikan agama serta masukan-masukan yang sangat berharga dari beberapa dosen agama dan dosen disiplin ilmu-ilmu lain. Kajian buku ini, dikembangkan sedemikian rupa berdasarkan perkembangan terakhir dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berusaha secara Arif untuk menyikapi perkembangan yang sangat pesat pada era globalisasi dan Era IT Selain sebagai dosen di Universitas Indonesia, penulis menuangkan juga dalam buku ini berbagai pengalaman yang sangat erat kaitannya dengan kegiatan dakwah, pengembangan manajemen masjid dan pelatihan keagamaan.
Kajian difokuskan pada lima bagian penting yaitu (1) Agama memasuki Milenium ke-3, (2) Islam; arti dan sejarah perkembangannya, yang terdiri dari : Makna dan sejarah Islam, karakteristik agama Islam, sumber ajaran agama Islam, Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai Rasul dan tokoh sejarah, dan masuknya agama Islam di Indonesia. (3) Kerangka dasar dan esensi ajaran agama Islam, terdiri dari: kajian mengenai kerangka dasar ajaran Islam, ketauhidan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, hari akhir, qada dan qadar serta hubungannya dengan etos kerja. Bab ini diakhiri dengan kajian mengenai hak dan kewajiban asasi manusia.
Bagian berikutnya berisi kajian tentang (4) Pranata sosial Islam, terdiri dari: keluarga sakinah mawadah warohmah, implikasi sosial kehidupan keluarga, masjid dan Pembangunan Umat Islam, zakat dan pemberdayaan umat, dilanjutkan dengan kajian tentang masyarakat Islami. Bagian terakhir (5) mengkaji tentang Islam dan ilmu pengetahuan, terdiri darinya: perkembangans dan teknologi, akal dan Wahyu dalam Islam, motivasi Islam mengembangkan ilmu pengetahuan, karakteristik ilmu pengetahuan, diakhiri dengan kajian mengenai sumber ilmu pengetahuan.
Data koleksi
Call Number: 297.26 Mub m
Zakky Mubarak. 2007. Menjadi Cendikiawan Muslim: kuliah islam di perguruan tinggi. Jakarta:  Yayasan Ukhuwah Insaniyah