Perkembangan teknologi terutama Internet tidak hanya menyentuh seseorang secara pribadi, namun juga dunia bisnis. Dewasa ini, rata-rata bisnis, terutama usaha kecil, sudah lumayan akrab dengan Internet. Dunia maya menjadi wahana untuk mendekatkan perusahaan dengan pelanggan.
Sayang, sejauh ini belum banyak usaha kecil yang memanfaatkan dunia maya dengan optimal. Beberapa aspek, seperti blog dan media sosial belum sepenuhnya dijadikan sebagai alat untuk pemasaran. Ketidaktahuan ini bisa dipahami, karena buku yang mengulas tentang blog dan media sosial dalam kaitannya dengan usaha kecil memang belum banyak dibuat.
Buku Mengoptimalkan Blog & Social Media untuk Small Business ini mencoba mengisi kekosongan itu, dengan memaparkan hal-hal praktis yang bisa dilakukan pebisnis usaha kecil untuk mengoptimalkan blog dan media sosial. Materi yang dipaparkan dalam buku ini lebih bersifat panduan dan referensi, yang disesuaikan dengan perkembangan terbaru. Sejumlah kiat yang diulas telah teruji dan dipraktekkan sejumlah perusahaan.

Buku Mengoptimalkan Blog & Social Media untuk Small Business ini mengulas dengan rinci apa yang bisa dilakukan pebisnis usaha kecil guna mengoptimalkan blog dan media sosial, sebagai sarana untuk meningkatkan profit perusahaan. Adapun isi buku adalah sebagai berikut:
Bab 1. Peluang tak terhingga di dunia maya
Bab 2. Kartu nama itu adalah website dan blog
Bab 3. Nama domain dan hosting
Bab 4. Platform dan theme
Bab 5. Tipe posting, judul dan opening
Bab 6. Yang harus diperhatikan ketika menulis di blog
Bab 7. Tips untuk blogging yang efektif
Bab 8. Membuat blog bisnis terlihat profesional
Bab  9. Kesalahan yang harus dihindari pada blog bisnis
Bab 10. 10 alasan kenapa blog bisnis tak hasilkan penjualan
Bab 11. Belajar dari 6 blog bisnis yang sudah eksis
Bab 12. 8 Cara mengembangkan bisnis dengan blog
bab 13. Bagaimana melindungi reputasi bisnis kecil anda
Bab 14. Media sosial untuk usaha kecil: 6 strategi efektif
Bab 15. Memasarkan bisnis usaha kecil tanpa biaya
Bab 16. membuat facebook page yang efektif untuk perusahaan
Bab 17. Bagaimana mendapat pelanggan dari facebook dan twitter
Bab 18. 10 Kesalahan pelaku bisnis pada media sosial
Bab 19. Memanfaatkan video untuk usaha kecil
Bab 20. Memaksimalkan Twitter untuk usaha kecil
Bab 21. 5 sumber online untuk membantu menjalankan bisnis
Bab 22. 5 kesalahan usaha kecil ketika memasarkan di facebook
Bab 23. 5 merek yang meraih sukses di facebook
Bab 24. Bagaimana pesohor memanfaatkan media sosial
Bab 25.Bagaimana menangani klien yang buruk.
Berbagai hal yang dibahas ditulis dengan bahasa yang lugas dan sederhana, mudah dipahami dan mudah diaplikasikan, apapun jenis usaha yang dikembangkan.
===
Data koleksi Pustakaloka Nus
Call Number: 658.84 Oro M
Fary SJ Oroh. 2011. Mengoptimalkan Blog & Social Media untuk Small Business. Jakarta: Elex Media Komputindo